TATA KRAMA

PENGERTIAN
Tata karma adalah kebiasaan sopan santun yang disepaati dalam lingkungan pergaulan antar sesame manusia setempat dan berlaku dalam kurun waktu tertentu. Peran adat istiadat sangat mempengaruhi terbentuknya tata karma yang berlaku sehingga ada pepatah “lain lading lain belalang lain lubuk lain ikannya”.
Tata karma pada mulanya berlaku setempat, lambat laun  dapat meramba ke lingkungan yang lebih luas bahkan akhirnya menjadi tata karma nasional.
Contoh:
                          Menyatakan penghormatan kepada orang tua
                Bersikap khidmat sewaktu upacara bendera
               Mengheningkan cipta untuk menghormati dan menghargai jasa para pahlawan.
Peran tata krama sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, bahkan keberhasilan seseorang turut dipengaruhi oleh nilai tambah dari tata krama orang tersebut dalam kesehariannya.
JENIS JENIS TATA KRAMA
Seiring dengan berjalannya waktu, meskipun zaman sudah lebih maju dan berkembang pesat, namun tata krama masih tetap berlaku sebagai rambu-rambu manusia untuk saling berinteraksi social bahkan menjadi bagian dari kehidupannya.
Secara garis besar ada beberapa jenis tata krama yang erat kaitannya dengan kehidupan manusia sehari-hari, yaitu:
            Tata krama berbicara
            Tata krama pergaulan
            Tata krama penampilan
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment