Metode Demonstrasi Dalam Belajar


         Menurut Wina Sanjaya, (2006:151) “Metode demonstrasi adalah metode penyajian pelajaran dengan peragaan dan mempertunjukkan kepada siswa tentang suatu proses ,situasi atau benda tertentu, baik yang sebenarnya atau hanya sekedar tiruan.” Metode Demonstrasi adalah suatu cara penyampaian atau penyajian materi pelajaran secara lisan disertai perbuatan dengan peragaan atau memperlihatkan sesuatu proses, situasi, atau benda tertentu yang sedang dipelajari baik sebenarnya atau tiruan yang disertai dengan penjelasan lisan.
         Dengan demikian metode demonstrasi proses penerimaan siswa terhadap pelajaran akan berkesan lebih mendalam, sehingga membentuk pengertian dengan baik dan sempurna, juga siswa dapat mengamati dan memperhatikan apa yang diperlihatkan selama pelajaran berlangsung (Sugihartono Dkk, 2007:83 ).
Metode Demonstrasi baik digunakan untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang hal-hal yang berhubungan dengan proses mengatur sesuatu, proses mengerjakan, proses membuat, proses bekerja sama, menggunakan komponen-komponen yang membentuk sesuatu, membandingkan suatu cara dengan cara yang lain, dan mengetahui/ melihat kebenaran sesuatu. Menurut Syaiful Bahri Djamara, (2000:201) metode demonstrasi mempunyai kelebihan dan kekurangan “.
      Dari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi adalah salah satu metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru didepan siswa dan diamati oleh siswa dan guru. :
   a)   Kelebihan metode demontrasi,yitu :
        (1)  Dapat membuat pengajaran menjadi lebih jelas, konkrit, sehingga menghindari verbalisme
           (2)  Siswa lebih mudah memahami apa yag dipelajari
        (3)  Proses pengajaran lebih menarik
        (4)  Siswa dirangsang untuk aktif mengamati, menyesuaikan, antara teori dan kenyataan dan mencoba melakukan sendiri.
b)   Kekurangan metode demontrasi
(1)  Metode ini memerlukan kerampilan guru secara khusus karena tanpa ditunjang hal itu pelaksanaannya akan tidak efektif
(2)  Fasilitas seperti peralatan, tempat, dan biaya yang memadai tidak selalu tersedia dengan baik
(3)  Demontrasi memerlukan kesiapan dan perencanaan yang matang disamping memerlukan waktu yang cukup panjang, yang mungkin terpaksa mengambil waktu atau jam pelajaran yang lain
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment