Kanker Empedu

Penyebab kanker kandung empedu  

Oleh Dr Ananya Mandal, MD

Kanker kandung empedu adalah kanker langka di negara-negara Eropa. Sekitar 640 untuk 670 kasus baru didiagnosa setiap tahun.
Kanker kandung empedu lebih umum pada wanita dari pada laki-laki. Sekitar 7 dari setiap 10 kasus didiagnosis adalah pada wanita. Selain itu, mereka umumnya terjadi pada individu atas usia 70 dan langka di orang-orang di bawah 50.
Sebagian besar kanker kandung empedu yang adenocarcinoma di mana kanker dimulai di atas lapisan kandung empedu. Yang tepat penyebab kanker kandung empedu tidak diketahui tetapi ada faktor-faktor risiko tertentu yang meningkatkan risiko kanker kandung empedu.
Kanker yang berbeda memiliki faktor risiko yang berbeda. Orang-orang dengan faktor-faktor risiko tidak berarti bahwa mereka akan benar-benar mendapatkan kanker.

Faktor-faktor risiko kanker kandung empedu

Faktor-faktor risiko yang mempengaruhi kanker kandung empedu termasuk usia, jenis kelamin pasien, cholecystitis dan sebagainya.

Umur pasien

Sebagian besar kanker kandung empedu mempengaruhi orang tua dan kanker langka di bawah umur 70 di Inggris.

Seks pasien

Kandung empedu penyakit seperti itu lebih umum pada wanita. Demikian pula kanker kandung empedu mempengaruhi perempuan lebih sering daripada pria.

Cholecystitis

Batu empedu dan peradangan yang gallbladder ini juga dikenal sebagai cholecystitis. Sejauh ini adalah faktor risiko yang paling umum yang predisposes untuk kanker kandung empedu.
Batu empedu yang keras batu yang terbentuk dalam kandung empedu karena pengendapan kolesterol dan mineral dari empedu.
Sekitar 8 dari 10 orang-orang dengan kanker kandung empedu (80%) memiliki batu empedu atau kandung empedu meradang diagnosis. Namun, kebanyakan orang dengan kandung empedu meradang atau batu empedu tidak mendapatkan kanker kandung empedu.

Sejarah keluarga batu empedu dan kanker kandung empedu

Orang-orang dengan seseorang dalam keluarga (gelar pertama relatif seperti orang tua atau saudara kandung) dengan batu empedu memiliki ganda kesempatan kanker kandung empedu.
Selain itu, orang-orang dengan sejarah keluarga batu empedu yang juga memiliki batu empedu sendiri memiliki hampir 60 kali normal risiko kanker kandung empedu.
Orang-orang dengan gelar pertama relatif dengan kanker kandung empedu lima kali lebih mungkin untuk mengembangkan kanker kandung empedu daripada orang-orang yang tidak memiliki relatif dengan itu. Risiko, bagaimanapun, masih tetap sangat kecil seperti kanker langka.
Mutasi genetik BRCA2 yang mengarah ke peningkatan risiko payudara dan kanker ovarium juga sedikit meningkatkan risiko kanker kandung empedu dan saluran empedu.

Genetika

Beberapa ras dan etnis yang lebih risiko kanker kandung empedu daripada yang lain. Dasar bisa genetika. Sebagai contoh, India Utara memiliki tingkat tertinggi kanker kandung empedu di dunia. Negara-negara lain dengan tingkat tinggi secara signifikan adalah Israel, Chili, Ekuador, Bolivia, Meksiko, Korea, Jepang dan Pakistan.
Di antara orang Amerika hitam dan Hispanik penduduk serta penduduk asli Amerika di Amerika Serikat selatan-barat memiliki insiden kanker kandung empedu lebih besar daripada populasi putih. Tingkat yang lebih rendah yang ditemukan di Singapura dan Nigeria.

Perokok dan paparan bahan kimia

Rokok dan beberapa bahan kimia industri yang mengandung nitrosamine dapat merusak DNA dan mengakibatkan mutasi genetika dan meningkatkan risiko kandung empedu dan kanker lainnya. Pekerja di industri logam atau karet lebih cenderung mengembangkan kanker kandung empedu.

Porselen kandung empedu

Ini adalah suatu kondisi di mana endapan kalsium membangun di dalam dinding itu gallbladder pengerasan dinding. Ini biasanya terlihat di individu yang telah mengulangi cholecystitis atau peradangan yang gallbladder.

Primary sclerosing cholangitis

Ini adalah bentuk radang saluran empedu. Ini juga meningkatkan risiko kanker kandung empedu.

Cacat pankreas dan saluran empedu

Cacat pankreas dan saluran empedu meningkatkan risiko kanker kandung empedu. Kelainan pada hubungan antara saluran empedu dan pankreas, outgrowths di saluran empedu (choledochal kista) juga mungkin faktor risiko kanker kandung empedu. Kondisi ini dapat mempengaruhi bayi sejak lahir tetapi gejala dapat muncul kemudian.

Polip Galbladder

Ini adalah non-kanker pertumbuhan dalam kandung empedu. Mereka mengembangkan pada lapisan permukaan yang gallbladder. Waktu yang panjang ini mungkin berkembang menjadi kanker. Polip lebih dari 1 sentimeter (10 mm) biasanya membutuhkan operasi pengangkatan kandung empedu untuk mencegah kanker.

Obesitas dan kelebihan berat badan

Kelebihan berat badan atau obesitas meningkatkan risiko batu empedu dan cholecystitis. Hal ini terutama karena mereka mengubah keseimbangan hormon tubuh terutama bagi perempuan. Studi menunjukkan bahwa lebih dari sepuluh kasus kanker kandung empedu pada pria dan hampir sepertiga dari kasus pada wanita adalah karena kelebihan berat badan.

Diet

Diet tinggi karbohidrat dan rendah serat dapat meningkatkan risiko kanker kandung empedu. Diet yang kaya buah-buahan segar dan sayuran tampaknya untuk mengurangi risiko banyak kanker, termasuk kanker kandung empedu. Inklusi dari vitamin A, C dan e dan antioksidan bahan kimia dalam diet ini juga penting untuk pencegahan kanker.

Diabetes

Diabetes dapat juga meningkatkan risiko kanker kandung empedu.

Tipus menyebabkan infeksi Salmonella

Tipus menyebabkan infeksi Salmonella dapat meningkatkan risiko kanker kandung empedu dalam orang-orang yang memiliki batu empedu. Ini dilihat sering di Chili dan India Utara. Pakar pylori dapat - bakteri yang bertanggung jawab untuk peptic ulcers, juga dapat meningkatkan risiko kanker kandung empedu.

Paparan hormon wanita dalam terapi penggantian hormon

Perempuan yang telah meningkatkan paparan hormon estrogen dapat memiliki peningkatan risiko kanker kandung empedu. Dengan panjang penggunaan terapi penggantian hormon risiko kanker kandung empedu tampaknya naik
 
Sumber: http://www.news-medical.net/health/Causes-of-gallbladder-cancer-%28Indonesian%29.aspx
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment