MACAM-MACAM ORANG YANG MENINGGAL

1.    Khusnul Khotimah : Akhir yang baik atau meninggal berada dijalan Allah SWT. Seperti orang yang meninggal membela agama Allah SWT (Syahid).
2.       Su’ul Khotimah : Akhir yang buruk atau meninggal diluar jalan Allah SWT. Seperti orang yang bunuh diri.
3.       Kematian luar biasa : terbagi menjadi 4 (empat) kriteria, yaitu :
a.       Sahid Dunia Akherat, yaitu orang yang meninggal dalam keadaan membela agama Allah SWT.
Æ  Cara menguburkannya tidak perlu dimandikan, tidak perlu dikafani dan tidak perlu dishalatkan langsung dikuburkan. Diusahakan penguburannya dilakukan di daerah atau negara asalnya.
b.      Sahid Dunia, yaitu orang yang meninggal dikarenakan mencari jarimah/gonimah atau harta rampasan perang, atau orang yang meninggal karena membela diri atau kehormatan dan hartanya (seperti pada kasus perampokan)
c.   Sahid Akherat, yaitu orang yang meninggal karena terserang wabah penyakit, kecelakaan, bencana alam, kebakaran dll.
d.       Keguguran, dibagi menjadi 3 bentuk penyelenggaraan jenazahnya yaitu :
Æ  Jika masih berupa janin maka langsung dikubur tidak dimandikan, tidak dishalatkan dan cukup dikafani kemudian dikuburkan
Æ  Jika sudah berbentuk bayi namun meninggal dalam kandungan maka dimandikan, dikafani, tidak dishalatkan kemudian dikuburkan
Æ  Jika sudah berbentuk bayi dan sudah sempat hidup walau hanya sebentar, maka dimandikan, dikafani, dishalatkan kemudian dikurkan.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment