KALIMAT EFEKTIF

Kalimat yang mengikuti kaidah-kaidah tata bahasa, baik gramatikal, pilihan kata, serta penalaran logis dan serasi.

Jadi, dinilai baik dan benar dari sisi tata bahasa dan makna
Gejala kalimat tidak efektif:
·                Pleonastis
·                Kontaminasi
·                Salah pemilihan kata
·                Salah nalar
·                Terpengaruh bahasa asing, daerah
·                Kata depan yang tidak perlu
Contoh :
·                Banyak anak-anak kecil yang sudah bekerja. (pleonastis)
Banyak anak kecil yang sudah bekerja.
·                Kedatangannya Bapak Gubernur  dinantikan. (kontaminasi)
Kedatangan Bapak Gubernur dinantikan.
·                Saya mengetahui kalau dia kecewa. (salah pilih kata)
Saya mengetahui bahwa dia kecewa.
·                Bola gagal masuk gawang. (salah nalar)
Bola tidak masuk gawang.
·                Saya tinggal di Semarang di mana ibu saya bekerja. (pengaruh bahasa asing)
Saya tinggal di Semarang tempat ibu saya bekerja.
·                Anak-anak sudah pada datang (pengaruh bahasa daerah)
Anak-anak sudah datang.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment